Sabtu, 20 Desember 2014

BAB 1 PENDAHULUAN ( LAPORAN

bab 1
pendahuluan


1.1 Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan (SMK)  dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI), evaluasi keberhasilan siswa sampai dengan permasalahan tamatan. 

 Program pendidikan dan pelatihan PKL memuat aspek-aspek pendidikan, meliputi:

1.    Komponen Normatif, meliputi mata pelajaran:
PPKN, Pendidikan Agama Islam, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Sejarah Nasional dan Sejarah Umum
2.    Komponen Adaptif, meliputi mata pelajaran :
Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia
3.    Komponen Kejuruan, yaitu mata pelajaran teori-teori kejuruan dalam lingkup suatu program studi tertentu.
4.    Komponen praktek dasar kejuruan yang meliputi praktek penunjang melakukan beberapa jenis pekerjaan yang releven di Dunia Usaha/Industri, yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program studi tertentu.
5.    Komponen Praktek Kerja Industri yang meliputi praktek kerja langsung pada Dunia Usaha/ Dunia Industri.

Dari berbagai pengalaman smk  menyelenggarakan program pkl, komponen normatif dan adaptif dilaksanakan disekolah. komponen teori kejuruan dilaksanakan disekolah, komponen praktek dasar kejuruan dapat dilaksanakan sebagaian disekolah dan sebagian diindustri.
pendidikan disekolah mencakup 3 aspek tujuan pendidikan meliputi:

1. Aspek Pengetahuan
2. Aspek Keterampilan
3. Aspek Sikap.

 Ketiga aspek diatas dapat dimiliki siswa dengan kemampuan dan kedalaman yang berbeda sesuai jenjang pendidikan yang ditempuh. untuk mewujudkan ketiga aspek tersebut dapat ditempuh dengan cara prakerin, extra kurikuler, karya wisata , balai pelatihan, dll.

          Dalam rangka mendekatkan kesesuaiaan antar mutu tamatan smk negeri ngadirojo yang mempunyai kemampuan kerja, disiplin, tanggung jawab, lapangan kerja maka smk negeri ngadirojo mengadakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) di BENSAE COMP untuk bidang keahlian TKJ. 

Harapan utama penyelenggaraan praktek kerja industri (PRAKERIN) ini  selain keahlian siswa dibidangnya masing-masing meningkat,  dengan kemampuan dan sikap mental, siswa mendapat minat kerja dan mampu unntuk terjun didunia teknologi yang semakin modern.
          Dengan pembuatan laporan serta jurnal prakerin ini selain sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) , diharapkan sekolah akan mendapatkan masukan tentang kemajuan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). secara langsung p[ihak sekolah juga mendapat informasi tentang duni IT ( ILMU TEKNOLOGI ) yang semakin maju sehingga sekolah dapat melakukan peningkatan proses belajar mengajar dan program selanjutnya untuk memajukan smk negeri ngadirojo. 

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan sistem pengajaran pokok khususnya ditujukan kepada siswa smk yang sesuai dengan bidang kejuruan masing-masing, yang menjadi media alternatif untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana dalam usaha yang sesungguhnya dan segala aspeknya. siswa dapat mengetahui gambaran dan pandangan tentang dunia industri walau hanya dalam waktu 2 ( dua) bulan. 


0 komentar:

Posting Komentar

Random Template