bab 1
pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya Praktek Kerja Industri (
PRAKERIN ) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan (SMK)
dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI), evaluasi keberhasilan siswa
sampai dengan permasalahan tamatan.
Program pendidikan dan pelatihan PKL
memuat aspek-aspek pendidikan, meliputi:
1. Komponen Normatif, meliputi mata
pelajaran:
PPKN, Pendidikan
Agama Islam, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,
Sejarah Nasional dan Sejarah Umum
2. Komponen Adaptif, meliputi mata pelajaran
:
Matematika, Bahasa
Inggris, Fisika, Kimia
3. Komponen Kejuruan, yaitu mata pelajaran
teori-teori kejuruan dalam lingkup suatu program studi tertentu.
4. Komponen praktek dasar kejuruan yang
meliputi praktek penunjang melakukan beberapa jenis pekerjaan yang releven di
Dunia Usaha/Industri, yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program
studi tertentu.
5. Komponen Praktek Kerja Industri yang
meliputi praktek kerja langsung pada Dunia Usaha/ Dunia Industri.
Dari berbagai pengalaman smk menyelenggarakan
program pkl, komponen normatif dan adaptif dilaksanakan disekolah. komponen
teori kejuruan dilaksanakan disekolah, komponen praktek dasar kejuruan dapat
dilaksanakan sebagaian disekolah dan sebagian diindustri.
pendidikan disekolah mencakup 3 aspek tujuan pendidikan meliputi:
1. Aspek Pengetahuan
2. Aspek Keterampilan
3. Aspek Sikap.
Ketiga aspek diatas dapat dimiliki
siswa dengan kemampuan dan kedalaman yang berbeda sesuai jenjang pendidikan
yang ditempuh. untuk mewujudkan ketiga aspek tersebut dapat ditempuh dengan
cara prakerin, extra kurikuler, karya wisata , balai pelatihan, dll.
Dalam
rangka mendekatkan kesesuaiaan antar mutu tamatan smk negeri ngadirojo yang
mempunyai kemampuan kerja, disiplin, tanggung jawab, lapangan kerja maka smk
negeri ngadirojo mengadakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) di BENSAE COMP
untuk bidang keahlian TKJ.
Harapan utama penyelenggaraan praktek
kerja industri (PRAKERIN) ini selain keahlian siswa dibidangnya
masing-masing meningkat, dengan kemampuan dan sikap mental, siswa
mendapat minat kerja dan mampu unntuk terjun didunia teknologi yang semakin
modern.
Dengan
pembuatan laporan serta jurnal prakerin ini selain sebagai salah satu persyaratan
mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) , diharapkan sekolah akan mendapatkan
masukan tentang kemajuan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN). secara langsung p[ihak sekolah juga mendapat informasi tentang duni
IT ( ILMU TEKNOLOGI ) yang semakin maju sehingga sekolah dapat melakukan
peningkatan proses belajar mengajar dan program selanjutnya untuk memajukan smk
negeri ngadirojo.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
merupakan sistem pengajaran pokok khususnya ditujukan kepada siswa smk yang
sesuai dengan bidang kejuruan masing-masing, yang menjadi media alternatif
untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana dalam usaha yang sesungguhnya
dan segala aspeknya. siswa dapat mengetahui gambaran dan pandangan tentang
dunia industri walau hanya dalam waktu 2 ( dua) bulan.
0 komentar:
Posting Komentar