Selasa, 09 Desember 2014

PENGERTIAN DAN ISTILAH PERANGKAT KOMPUTER

Pengertian dan Istilah perangkat komputer

VGA Adalah pheriperal yang berfungsi Untuk menyempurnakan output display/tampilan dari sebuah komputer
– AGP
Alat yang digunakan sebagai pendukung kartu grafis berkinerja tinggi
– PCI ( peripheral component interconect )
alat yang menghubungkan sub sistem memori proses e perangkat berkecepatan tinggi dan ke expension yang berhubungan dengan perangkat yang lebih lambat
– PCI-E
alat yang kinerjanya sama dengan PCI , namun kelebihannya memiliki transfer data yang lebih cepat terutama keperluan grafis 3D
– RAM
Alat yang digunakan untuk menyimpan data yang bersifat sementara
– ROM
Perangkat keras yang berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya dapat dibaca.
– BIOS
Perangkat lunak yang berfungsi melakukan perintah kerja secara manual pada saat masuk sistem operasi
– CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi Conductor)
Bisa disebut ram kecil berukuran 64 byte yang menyimpan seting bios saat komputer sedang dimatikan.
– IDE (Integrated Devide Elektronik)
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.
– ATA (Advanced Technology Attachment)
Adalah interface standar yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat penyimpanan kekomputer PC. Standar ATA dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI (dokumen X3.221-1994).Meskipunnamaresmi “ATA”, standar ini lebih dikenal dengan istilah komersial IDE (Integrated Drive Electronics) atau Enhanced IDE (EIDE atau E-IDE).
- SCSI ( small computer system interface )
Bus yang menghubungkan beberapa disk ke SCSI controller
- PCMCIA
PCMCIA adalah singkatan dari Personal Computer Memory Card International Association yang pada awalnya dirancang dan dikembangkan untuk memberikan penyimpan (memory) tambahan bagi komputer Poquet (yang sekarang merupakan bagian dari Fujitsu), yang merangkum berbagai minat industri untuk menyusun suatu spesifikasi yang memberikan akses tancap (plug-in access) ke sumber daya penyimpan yang terletak di luar landasan tertentu. Sekarang PCMCIA berkembang lebih dari sekedar memberikan akses bagi kartu penyimpan, dan disitulah letak persoalannya. Karena PCMCIA digunakan untuk mengakses berbagai jenis peralatan yang masing-masing mempunyai pertimbangan listrik, antarmuka logika dan perwaktuannya, sering terjadi benturan di antara kartu-kartu yang dipasang, landasan, system operasi, aplikasi dan sebagainya. Meskipun tidak memperoleh persetujuan resmi dari badan bakuan resmi seperti IEEE atau ANSI, spesifikasi PCMCIA memberikan panduan bagi spesifikasi fisik kartu; spesifikasi listrik dan fisik untuk soket; interaksi antara landasan, perangkat lunak sistem, dan kartu itu sendiri.
– PROCESSOR
Prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.
– ALU (Aritcmatics Logical Unit)
Merupakan Unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan .ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika Boolean yang masing-masimg memiliki spesifikasi tugas sendiri.Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika)yang terjadi sesai dengan instruksi program.ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
– CU (Control Unit)
Adalah Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksitersebut.Bila ada instrikasi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya disajikan kea lat output.
Tugas dari unit kontrol adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
Mengambil data dari memori utama ( jika diperlukan ) untuk diproses,mengorim instruktur ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perdandingan logika serta mengawasi kerja ALU.
– IRQ
yakni sinyal khusus atau nomor identifikasi yang diberikan kepada masing-masing peripheral agar dikenali oleh processor
– DMA
merupakan salah satu fitur pada komputer modern yang mengizinkan subsistem hardware tertentu di dalam komputer untuk bisa mengakses secara langsung pada system memory tanpa harus melalui CPU
– VPN
Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.
– ATM (Asynchronous Transfer Mode)
adalah adalah protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header). Secara teknis, ATM dapat dianggap suatu evolusi dari packet switching. Seperti transfer data pada packet switching ATM mengintegrasikan fungsi multiplexing dan switching. ATM memungkinkan komunikasi antara perangkat yang beroperasi pada kecepatan yang berbeda. Tidak seperti packet switching, ATM dirancang untuk kinerja tinggi pada jaringan multimedia.
– UTP
Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.
Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.
– STP
Shielded twisted pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferens
Fungsinya:
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon,komputer televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.
– MODEM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
- DPI
DPI (Dots Per Inch), yaitu banyaknya langkah yang “dilaporkan” oleh mouse jika bergerak sejauh satu in. Selain CPI dan DPI, saat ini spesifikasi mouse juga disebut dengan PPI (Pulses Per Inch).
- Power Supply
dalam komponen elektronika adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti hardisk, motherboard, DVD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya. Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply.
Power Supply sendiri berfungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
– MOTHERBOARD
Motherboard(Mobo)atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
– Sound Card
Sound Card Atau yang lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.
Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.
- NETWORK CARD
Kartu jaringan (Network Interface Card disingkat NIC atau juga network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yaitu : NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-Up Adapter.
- BLU RAY
adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital, termasuk video definisi tinggi.
– PPM (Print per minute)
Merupakan-kecepatancetak Meskipun tak harus menjadi pertimbangan utama, namun kecepatan cetak terkadang perlu untuk diperhatikan. Semakin tinggi kecepatan cetaknya, maka Anda bisa menghemat banyak waktu. Kecepatan ini juga berbeda antara mencetak dalam hitam-putih atau berwarna, dan dinyatakan dalam satuan ppm (page per minute). Pada printer multifungsi, tak ada perbedaan yang signifikan antara kecepatan mencetak dan mengkopi.
– RGB
adalah Model pewarnaan yang terdiri atas warna dasar, red ( merah ), green ( hijau ), Blue ( Biru . Untuk mendapatkan warna lain, dilakukan berbagai teknik penambahan sehingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pada perangkat digital, pengaturan warna dilakukan oleh chip tertentu. model pewarnaan ini lazim digunakan pada perangkat Televisi, Kamera video, scanner, kamera digital, maupun perangkat komputer.
– CRT (Chathode ray tube)
Merupakan asas atau nama teknik dari layar telivisian atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.
– LAN ( local area network )
Jaringan komputer yang jaringnnya hanya mencakup wilayah kecil seperti kampus, gedung, kator, dan dalam sekolah atau lebih kecil.
– MAN ( metropolitan area network )
Suatu jaringan dalam suatu kota dengan teranfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dll.
Jaringan man adalah gabungan beberapa lan.
– WAN ( wide area network )
Jaringan yang memiliki jangkauan geografis yang lebih luas.
– PIXEL
adalah singkatan dari picture element, Elemen terkecil dari gambar digital, gambar yang terlihat di monitor komputer terdiri atas susunan titik-titik yang berwarna atau disebut dot, dot-dot tersebut sangat kecil dan saling berdekatan sehingga terlihat seperti menyatu.
– USB
Adalah teknologi yang memugkinkan pemasangan periperal secara mudah dengan bandwich yang lebih besar dari pada port serial.
– INK JET
printer yang sudah lebih maju dari printer dot matrik. Pencetakannyapun sudah menggunakan tinta cair yang disemprotkan dari lubang -lubang pipa yang sangat kecil untuk membuat karakter atau mencetak gambar diatas kertas, atau yang disebut dengan teknologi dor on demand. Karena menggunakan tinta cair, hasil cetak harus didiamkan beberapa saat agar kering. kualitas hasil cetak diukur dengan DPI (dots per inch), dan kecepatannya diukur dengan PPM (paper per minute).
– DOT MATRIX
Sebuah cetakan yang memakai tinta sebagai media cetaknya dan material cetakannya berbentuk titik-titik biasa digunakan untuk mencetak struk belanja di pasar swalayan
– LASER JET
Sebuah cetakan yang digunakan untuk mencetak yang memakai media laser dan cara kerjanya hampir sama dengan scanner.
– CD ( compact disc )
Adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik ( oficial disc ) yang dapat menyimpan data, ukuran data yang dapat disimpan saat in bisa mencapai 700 MB atau 700.000.000 Byte, CD hanya bersifat read only ( hanya dapat baca, dan tidak dapat ditulis ).
– DVD
Sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif, bentuknya mirip dengan CD. Bedanya, DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses lebih cepat dibandingkan CD.
– Monitor LCD
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan teknologi yang disebut dengan ‘kristal cair’ sebagai penghasil gambar monitor. Kelebihan monitor LCD adalah minimnya konsumsi energi yang digunakan juga memiliki kontras gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan CRT. Pengertian monitor LCD merujuk kepada penggunaan varian pixels (titik warna cahaya) yang tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti halnya monitor CRT. Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakang susunan pixel (kristal cair) tadi yang jumlahnya mencapai jutaan piksel hingga membentu sebuah gambar.Kutub kristal cair yang dilewati oleh arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.
– Monitor LED
Monitor LED (Light Emitting Diode) memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping / tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (lampu neon berjenis fluorescent), monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50 – 70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.
LPT (Line Print Terminal)
adalah istilah untuk port yang biasanya dihubungkan ke printer. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut LPT Port adalah Parallel Port. Komunikasi yang digunakan oleh LPT adalah komunikasi paralel yang berjalan lebih cepat dari komunikasi serial karena jumlah bit yang dikirimkan bersamaan dalam suatu waktu oleh komunikasi paralel lebih banyak daripada komunikasi serial.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Template