Selasa, 18 November 2014

cara mengatasi cpu cepat panas

Saat anda menyalakan komputer, semua perangkat dari CPU akan bekerja sesuai dengan fungsi yang telah ditentukan. CPU akan memeriksa seluruh komponen Hardware yang terkait pada settingan BIOS. Apabila ada beberapa perangkat yang tidak siap, error ataupun rusak maka Boot akan gagal dan muncul pesan error dilayar komputer.

Seperti halnya judul diatas, ketika ada pesan error pada layar PC anda dan ini sering kali terjadi maka perlu sekali bagi anda untuk mengecek seluruh perangkat yang ada didalam CPU. CPU Overheating (CPU Kepanasan) merupakan salah satu problem yang sering juga terjadi dikalangan user komputer dan menyebabkan kebingungan. Apalagi jika pada saat anda sudah menjalankan komputer sekitar setengah jam, lalu tiba-tiba komputer tersebut restart dan muncul pesan CPU overheating

www.juaka.com

Hal ini tentu saja menggangu, tapi tidak ada masalah tanpa penyelesaiannya, sebelum anda membawa komputer anda ke jasa servis berikut ini tips cara mengatasi CPU cepat panas (overheating) dan sering restart sendiri  :

  1. Cabut seluruh kabel yang terkait dengan arus listrik,
  2. Buka casing komputer, dan cabut seluruh perangkat yang terkait dengan setiap port yang ada pada CPU,
  3. Siapkan kuas pembersih, tisu ataupun serbet kering,
  4. Bersihkan seluruh komponen, saya berasumsi pasti komputer anda sangat kotor dan berdebu,
  5. Cabut RAM dengan benar dan bersihkan, sebelumnya anda harus melepas katup RAM agar tidak terjadi kerusakan,
  6. Penyebab pesan error CPU overheating biasanya ada kabel yang menahan putaran kipas prosessor, kipas tidak berputar karena powernya lepas, atau kipas prosessor lengket karena komponen magnet yang ada didalam kipas sudah berkarat. Coba periksa itu semua dan putarlah kipas dengan menggunakan tangan anda. Jika kipas masih normal, maka diputar dengan tangan saja bisa dapat 7 s/d 8 kali putaran,
  7. Cabut dan bersihkan kipas, prosessor, dengan menggunakan kuas, tisu dan serbet. Biasanya ada serbut lengket hasil dari panasnya prosessor. Berhati-hati saat membersihkan prosessor, jangan sentuh bagian tengah soket prosessor (rumah prosessor).
  8. Pasang kembali semua komponen dengan benar. Jika sudah yakin, nyalakan komputer. Bila masih saja ada pesan CPU Overheating padahal komputer masih baru saja dinyalakan, sarannya saya ganti saja kipas prosessor anda dengan yang baru.
Cara diatas sudah saya lakukan berkali-kali, dan ternyata sukses. Bila ada kendala setelah anda berusaha untuk mengatasi komputer anda, sebaiknya tanyakan lagi pada ahlinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Template