Selasa, 13 Oktober 2015

Materi Jaringan Komputer dan Manfaat Mempelajarinya


Jaringan komputer memiliki banyak manfaat bagi para pengguna komputer. Oleh karena itu, ilmu ini layak dipelajari oleh siapa saja. Tidak melulu mereka yang tengah meretas karier di bidang IT. Sebab, dengan mempelajari materi jaringan komputer hingga menguasai, para pengguna komputer, siapa pun dia, akan dapat memetik berbagai manfaat jaringan komputer tersebut. Manfaat jaringan komputer sendiri, antara lain sebagai berikut.
1. Dapat berbagi beragam sumber daya dengan pengguna komputer lain kapan saja. Tanpa terkendala lokasi komputer, kondisi komputer, atau penggunaan komputer oleh pengguna lain dalam satu jaringan.
2. Ketika satu komputer mengalami berbagai kendala sehingga tidak dapat digunakan secara optimal, untuk mengambil data ke server dapat digunakan dengan komputer lain dalam satu jaringan.
3. Pertukaran informasi antarpengguna komputer dapat berlangsung dengan mudah, cepat, dan efisien.
4. Semua pengguna komputer yang memiliki hak dapat mengakses data yang disimpan di server sehingga pekerjaan dapat berlangsung dengan lebih efisien dan kinerja para pengguna pun dapat ditingkatkan.
5. Meminimalkan kehilangan data akibat serangan virus komputer.
6. Keamanan data lebih terjamin karena hanya pihak-pihak yang berkepentingan yang dapat mengakses dokumen.
Jaringan komputer memiliki fungsi-fungsi penting yang beragam. Oleh karena itu, dengan mempelajari materi jaringan komputer, lalu mampu menciptakan jaringan komputer dan mengatasi ketika timbul masalah, tentu akan menambah perbendaharaan pengetahuan seseorang, membuatnya tidak bergantung kepada orang lain, dan dapat memanfaatkannya untuk berbagai tujuan yang positif serta menguntungkan.
Materi yang dipelajari dalam ilmu jaringan komputer, antara lain pengertian jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, bentuk fisik/topologi jaringan, perangkat keras dalam jaringan komputer, instalasi perangkat keras, instalasi perangkat lunak, bagaimana melakukan koneksi jaringan komputer, keamanan jaringan, pengaturan pembagian berbagai sumber daya jaringan, identifikasi masalah pada koneksi jaringan, dan sebagainya.
Dalam proses belajar, materi jaringan komputer ini tentu dipecah-pecah lagi dalam subtema yang lebih detail dan spesifik. Jadi, jika Anda belajar tentang jaringan komputer, Anda akan memiliki pemahaman dan penguasaan yang komprehensif. Hingga dapat mempraktikkan dan memanfaatkan ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya.
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).
Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Dalam suatu jaringan komputer: Pengguna harus secara eksplisit:
• masuk atau log in ke sebuah mesin
• menyampaikan tugas dari jauh
• memindahkan file-file
• menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan

0 komentar:

Posting Komentar

Random Template