Selasa, 13 Oktober 2015

Tujuan jaringan komputer

Tujuan jaringan komputer adalah untuk:
1. Resource sharing/ berbagi sesumber: seluruh program, peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai.
2. High reliability/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternative kapanpun diperlukan.
3. Saving Money/menghemat uang: membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client. Bentuk ini disebut Client-server.
4. Scalability/ skalabilitas: meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu.
5. Medium komunikasi: memungkinkan kerjasama antar orang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi.Baik untuk mengakses dan mendapatkaninformasi dari jarak jauh atau dalam hal melakukan komunikasi personal
6. Cepat dan Efisien : Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung dengan cepat dan efisien. Misal: Pengiriman surat tidak perlu lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.
7. Real Time :Jaringan komputer bisa memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain dengan komunikasi melalui pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time.
Integrasi Data : Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat
lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
Keamanan Data : Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehinggadata mendapatkan perlindungan yang efektif.
Hiburan interaktif : tidak dapat di pungkiri bahwa kebutuhan manusia dalam mengakses data dan informasi tidak sebatas pada bentuk data yang statik akan tetapi juga informasi dalam bentuk data bergerak (animasi, video, games dan lain) yang memungkinkan setiap orang menyaksikan informasi tersebut kapan dan dimanapun berada.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Template